Selasa, 04 Mei 2010

SEJARAH SLB-B SANA DHARMA

SEJARAH SINGKAT SLB-B SANA DHARMA
Pada mulanya SLB. B Sana Dharma didirikan untuk memnuhi pendidikan pennyandang cacat tunarungu dari golongan ekonomi lemah sekitar Cilandak, yang tidak dapat tertampung di Sekolah Luar Biasa yang ada, karena alasan biaya. Mengingat anak – anak tersebut sama – sama warga Negara Indonesia yang perlu di bina secara berkelanjutan agar tumbuh dan berkembang menjadi manusia Indonesia yang seutuhnnya berdasarkan pancasila, tidak menjadi beban orang tetapi justru mandiri, berguna bagi keluarga dan masyarakat. Pada tahun 1979 Sana Dharma mengadakan kelompok belajar bagi anak – anak yang sama sekali belum mengenal tulis baca sebanyak 12 orang anak yang berumur 10 – 14 tahun. Kelompok ini meminjam ruang kelas di SD Inpres 12 Cilandak.
Pembiayaan mendapat dari para donator dan iuran dari orang tua murid yang sudah barang tentu jauh dari apa yang diperlukan. Walaupun demikian aktifitas belajar terus berjalan dengan dibimbing oleh guru – guru yang berpengalaman dibidangnya secara sekarela. Tetapi kemudian DKI pada masa itu mengeluarkan peraturan melarang sekolah swasta menempati sekolah negeri, sehingga SLB. B Sana Dharma harus pindah dan mengontrak di salah satu rumah orang tua murid.
Pada tanggal 22 Maret 1984 SLB. B Sana Dharma dikukuhkan menjadi suatu Yayasan Pendidikan Sana Dharma dengan Akte Notaris R. Soerojo Wongsowidjojo No. 30. Kemudian pada tanggal 5 Februari 1985dikeluarkan izin operasional dari kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan DKI No. SP 2158/ 101/ 1485.
Akhirnya pada tanggal 27 Agustus 1989 Sana Dharma mendapatkan pinjaman bangunan rumah tinggal berukuran 300 M2 secara cuma-cuma dari seorang dermawan Ny. Sri Kusuma di Jl. Taman Wijayakusuma III No. 12 Cilandak, tidak itu saja pada akhir – akhir ini juga menghibahkan tanahnya seluas ± 1.000 M2 ke Yayasan Sana Dharma yang lokasinya tidak jauh dari SLB. B Sana Dharma yang sedang dipaki. Yang pembangunanya masih menunggu uluran tangan para dermawan

1 komentar:

LASER CUTTING MURAH mengatakan...

nama : ravi ya
alfauzamarravi ravi anak sd bu neneng
ravi nangis mimpi bu neneng ya sekolah

Posting Komentar

 

Design By:
Blogspot Templates